Kamis, 10 Januari 2008

PROFESI IT ARCHITEC

Secara gampang, IT Architect adalah orang yang punya peran mendesain suatu system IT, dan bertanggung jawab terhadap desain tersebut. Profesi ini memang belum semapan ataupun "well defined" seperti halnya profesi akuntan, dokter maupun pengacara. Maka itu sekumpulan IT Architect mendirikan IASA (International Association of Software Architect), untuk mengumpulkan IT Architect di seluruh dunia untuk mendefinisikan profesi ini secara lebih formal, mendefinisikan "body of knowledge" & "skill set" untuk profesi ini, mendefinisikan "rigourus training" untuk orang yang ingin berprofesi di bidang ini, termasuk sertifikasi dan legalisasi, seperti halnya dokter ataupun pengacara. IASA dimulai di Austin, Texas, Amerika Serikat, sekarang sudah ada Chapter-nya di negara-negara Asia Tenggara, termasuk di Indonesia yang coba kami jalankan dengan "tidak mudahnya". :)
Seberapa penting sih IT Architect ini? Bayangkanlah software yang digunakan untuk Air Traffic Control System di airport, Life Support System di rumah sakit, system di bursa saham, system di bank, dan seterusnya. Kalau suatu bangunan runtuh karena isu desain, arsitek dan civil engineer-lah yang bertanggunjawab, karena mereka yang mendesain dan merealisasikan bangunan tersebut. Demikian juga di dunia IT, kalau ada pesawat jatuh karena error di Air Traffic Control, kalau ada orang mati karena error di Life Support System, uang yang "hilang" di bank dan seterusnya, seorang IT Architect-lah yang mesti bertanggung jawab. Jadi, "big responsibility!"
Di regional Asia Tenggara, untuk pertama kalinya diadakan symposium untuk para IT Architect ini. Event ini diadakan di Kuala Lumpur. Di event ini, para praktisi Architect di seluruh Asia Tenggara berkumpul. Event ini mendapat support luar biasa dari pemerintah Malaysia karena event ini dibuka oleh Dato' Kong Cho Pa, Deputy Minister of Science, Technology and Innovation Malaysia yang juga ternyata aktif sebagai IASA Patron. Event ini juga dianggap penting oleh para Country Manager dari vendor-vendor besar seperti IBM, Microsoft, Oracle dan SAP. Jarang-jarang Country Manager dari vendor-vendor besar ini bisa berada dalam suatu ruangan. Tanpa diwakili oleh "next layer"-nya. Kenapa para vendor besar ini bersatu dan mendukung? Ini karena IASA adalah organisasi IT Architect yang "vendor agnostic". Para IT Architect dengan berbagai latar belakang teknologi ada di sini.

Tidak ada komentar: